Powered By Blogger

Cari Blog Ini

Rabu, 17 Agustus 2011

” DI ATAS BATU KARANG INI AKU AKAN MENDIRIKAN JEMAATKU”

esus mendirikan jemaatnya di atas batu karang. Apa atau siapakah batu karang ini. Yang   pasti Petrus. Karena karena Yesus sendiri mengatakan : :” Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang  ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya”. “ Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Surga. Apa yang kauikat di dunia akan terikat di surga,  dan apa yang kaulepaskan di dunia akan terlepas di surga”.
SAnto Petrus dengan kunci Kerajaan Surga
Jika kita mengacu kepada Sabda Yesus di atas, maka Gereja Katolik itu didirikan di atas batu karang  dalam hal ini Petrus. Petrus telah diberi kunci kerajaan surga dengan tugas wewenang apa yang diikat di dunia akan diikat di surga, dan apa  yang dilepaskan di dunia, akan dilepas di surga.
Oleh karena itu, Gereja  Katolik adalah gereja (jemaat) yang didirikan di atas karang. Dan kita mengerti bahwa sifat batu karang adalah kokoh kuat, tak mudah diombang-ambingkan oleh  badai atau banjir sekalipun.
Dan selama ini  terpaan terhadap Gereja Katolik makin keras, sesuai dengan kondisi jaman. Gereja yang dibangun di atas batu karang itu sudah berumur lebih dari 2000 tahun,  merupakan Gereja yang didirikan oleh Kristus sendiri, sedang wakilnya di dunia adalah Paus sebagai pengganti Petrus.  Dan kini dipimpin oleh Paus Benedictus XVI yang merupakan paus yang ke-265.
Jadi apa yang dilakukan oleh Gereja Katolik tentang pengakuan dosa,  tentang paus, bukan rekaan para pemimpin Gereja terdahulu, tetapi semuanya dilakukan berdasarkan Injil. Mateus tegas-tega mengatakan  bahwa Yesus akan mendirikan jemaat (Gereja) di atas batu karang (Petrus). Dengan kata lain, Yesus telah memerpsiapkan penggantinya  di dunia dengan tugas penggembalaan umat-Nya yang tersebar di seluruh dunia.  Sebagai Gereja yang universal, memang membutuhkan seorang gembala yang ditaati oleh semua domba-dombanya.
Inilah sedikit catatan pendek tentang pendirian Gereja Katolik berdasarkan Injil Mateus 16:13-23. Semoga insipirasi ini membawa terang  kepada kita semua, Tuhan berkati.-***
Doa,
Ya, Bapa,  jauhkan kami  untuk emnjadi batu sandungan, yang hanya memikirkan hal-hal yang duniawi, tetapi  juga untuk hal-hal surgawi. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar